Mengenal Banyak Manfaat Pinang

Biji pohon Pinang lebih banyak dipakai sebagai pengobat cacing pita

Mengenal Banyak Manfaat Pinang

Pinang tidak cuman dikenal dengan memanjat saat tujuh belas Agustus saja, namun, tanaman satu ini juga dikenal karena manfaatnya yang melimpah. Pohon Pinang umumnya ditanam di kebun, halaman atau juga dibudidayakan. Pohon Pinang kadang juga tumbuh liar di tepi sungai dan tempat-tempat lai. Pohon ini lebih banyak ditemukan diwilayah dengan ketinggian 1-1400 meter diatas permukaan laut.

Ciri-ciri pohon ini hampir mirip dengan kelapa, Batang pohon ramping, tumbuh tegak, tinggi 10-30 meter, diameter 15-20 cm, dan bercabang . Daunnya majemuk dan menyirip. Sementara pelepah daun berbentuk tabung, dengan panjang kurang lebih 80 cm. Tangkai daun pohon Pinang pendek, kurang lebih 1-1,8 meter, anak daun memiliki panjang 85 cm, lebar 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi. 

Kebanyakan orang banyak mengambil kegunaan pada bijinya. Biji pohon Pinang ini mengandung alkaloida. Sifatnya, sedikit racun yang adiktif, namun dapat merangsang otak. Biji pinang biasa digunakan untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengatasi cacing pita.

Tentu tidak hanya biji yang bisa dimanfaatkan dari pohon Pinang ini. Bagian-bagian lainnya juga dapat dimanfaatkan:


BIJI 
Pahit, pedas, hangat. Obat cacing (anthelmintik), peluruh kentut (antiflatulent), peluruh haid, peluruh kencing (diuretik), peluruh dahak, memperbaiki pencernaan, pengelat (astringent), obat pencuci perut
DAUN 
Penambah Nafsu Makan
SABUT 
Hangat, pahit. Sirkulasi energi, peluruh air seni, pencuci perut.
KANDUNGAN KIMIA 
0,3-0,6% biji mengandung alkaloid, seperti Arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine. Hal ini juga mengandung tanin merah 15%, lemak 14% (palmitat, oleat, stearat, caproic, kaprilat, laurat, asam miristat), pati dan damar. 
BUAH 
yang masih segar mengandung alkaloid sekitar 50% lebih, dibandingkan dengan buah yang telah diproses. Kandungan dalam buahnya terdapat Arekolin: Obat cacing dan berkhasiat sebagai obat penenang.

MANFAAT :
Cacingan
Perut Kembung
Mulas
Batuk
Diare
Kudis
Koreng
Terlambat Bulan
Beri-beri
Malaria
Difteri
Kurang nafsu makan
Sembelit
Nyeri pinggul
Sakit gigi dan gusi
Mengenal Banyak Manfaat Pinang Mengenal Banyak Manfaat Pinang Reviewed by Anonym_ou5 on 13:13 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.