Atasi Rematik dengan Daun Jarak



Jarak: Tanaman liar bermanfaat



Atasi Rematik dengan Daun Jarak

Tumbuhan Jarak (Ricinus communis) adalah spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae. 


Jarak adalah tumbuhan liar yang biasa tumbuh di hutan, tanah kosong, di daerah pantai. Namun karena diketahui banyak bermanfaat, tumbuhan jarak ini juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. 

Tumbuhan Jarak mempunyai ciri daun tunggal antara 7 - 9, berdiameter kurang lebih 10 hingga 40 cm. Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah. 

Karena sifatnya yang merupakan tanaman liar, tumbuhan Jarak bisa tumbuh subur di berbagai musim dan tempat. Tanaman Jarak ini juga banyak yang tidak mengetahui khasiatnya. Padahal, jika ditelusuri secara mendalam dan lebih detail, tanaman Jarak memiliki manfaat bagi tubuh.


Biji buah Jarak bisa menyehatkan rambut

Kandungan


Pohon : tannin, resin, malam, saponinGetah : saponin, flavonoid, jatropieBiji     : toksalbumin, nitrogen, fosfat, curcin, dan kaliumDaun  : kaemfesterol, sitostorol, teraksol, amirin, stigmasterol

Manfaat

- Obat Sariawan Alami
Ambil getah pada tanaman Jarak, kemudian dioleskan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Jika tidak segera diatasi, sariawan dapat membuat bibir semakin terluka, hingga suasana makan dan minum dapat terganggu.

- Mengobati perut kembung
Caranya ialah dengan mengambil daun Jarak, cuci hingga bersih lalu panaskan hingga tampak layu. Setelah itu oleskan minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak telon, lalu tempel kan pada bagian punggung. Tunggu dan biarkan daun Jarak bekerja secara maksimal, hingga terjadi pembuangan zat maupun gas yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

- Mengobati rematik
Ambil daun yang paling tua dan terlihat segar tidak layu. Cuci hingga bersih, kemudian ditumbuk hingga halus, bisa dicampurkan dengan air, tapi sedikit saja. Setelah itu dapat anda oleskan pada bagian yang rematik.

- Mengobati luka
Ambil getah tanaman jarak, lalu oleskan di bagian tubuh yang luka. Getah tumbuhan jarak ini bisa membantu proses penutupan luka dan juga proses penyembuhan nya. 

- Merawat rambut
Ambil biji tanaman jarak, lalu tumbuh halus biji dari tanaman jarak tersebut. Setelah menjadi halus, lalu usapkan pada kulit kepala dan juga merata pada rambut. Diamkan beberapa menit, setelah itu dapat berkeramas dengan shampoo yang biasa anda pakai.
Atasi Rematik dengan Daun Jarak Atasi Rematik dengan Daun Jarak Reviewed by Anonym_ou5 on 20:25 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.