Kumis kucing: Kaya Manfaat Kalium Tinggi

Kumis Kucing, mempunyai kandungan kalium tinggi

























Kumis kucing

(Orthosiphon grandiflarus)

Kumis kucing  atau Orthosiphon grandiflarus adalah sejenis tanaman semak, berasal dari famili Lamiaceae/Labiatae dan tersebar luas di daerah beriklim tropis khususnya Asia Tenggara.

Kumis Kucing mudah ditemukan di Indonesia.  Banyak orang juga mengenal tanaman ini dengan nama tea plants atau java tea. Bahkan, dibeberapa daerah di Indonesia lainnya akan menamakan tanaman ini secara berbeda. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan nama remujung, Madura menamainya songot koneng, dan orang di Sumatera menyebutnya giri-giri. 

Tanaman ini dikenal karena khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Jamu dan ramuan herbal juga banyak yang menggunakan kumis kucing dalam salah satu komposisinya. 

Daun dari tanaman ini mempunyai kandungan kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin, mionositol, sopofonin, sinensetin dan zat samak. 

Manfaat: 
  • Menurunkan kadar asam urat, oksalat dan fosfat
  • Infeksi saluran kemih
  • Menjaga tekanan darah
  • Membersihkan ginjal dan mengobati batu ginjal
  • Membersihkan empedu
  • Rematik
  • Mengurangi keputihan 
Pengolahan: 
Daun yang biasa digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit yaitu daun yang basah dan daun kering, tergantung pada penyakit yang diderita. Membuat ramuan dari kumis kucing tidaklah sulit, perhatikan cara meramu atau meracik kumis kucing untuk berbagai penyakit di bawah ini.

Batu ginjal
Ambil daun kumis kucing sebanyak 3 (tiga ) genggaman tangan, tambahkan 5 lembar daun keji beling. Kemudian rebus menggunakan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan tersisa menjadi satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin yaitu 2 kali sehari sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

Kencing batu
Ambil 7 (tujuh) lembar daun kumis kucing dan 7 (tujuh) tanaman meniran. Rebus daun kumis kucing dan meniram ke dalam 2 gelas air, tunggu hingga mendidih (tersisa 1 gelas). Minumlah 3 (tiga) kali sehari secara rutin.

Asam urat dan encok
Ambil 5 lembar atau helai daun kumis kucing, 5 (lima) tanaman meniran lalu rebus kedua bahan tersebut dalam 2 gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas, minum secara rutin 3 kali sehari dan tunggu sampai sembuh.

Keputihan
Ambil satu genggam daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus dan 1 sendok teh jintan hitam. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. Minum obat herbal tersebut 2 kali secara rutin, minum sampai keputihan benar-benar sembuh.

Diabetes, pelancar air kencing dan hipertensi
Rebus 2 genggam daun kumis kucing dalam panci (2 gelas air), tunggu hingga menjadi satu gelas dan minumlah secara rutin 1 (satu) kali sehari.

Baca Juga:
Manfaat Bawang Putih
Manfaat Daun Salam
Manfaat Bayam Duri
Bawang Merah
Manfaat Daun Dewa
Kumis kucing: Kaya Manfaat Kalium Tinggi Kumis kucing: Kaya Manfaat Kalium Tinggi Reviewed by Anonym_ou5 on 12:14 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.