Daun Dewa, Kaya Manfaat

Daun Dewa, banyak manfaat dan bisa dibudidayakan















Daun Dewa

(Gynura divaricata)

Nama latin tanaman ini adalah (Gynura divaricata), atau biasa disebut "Samsit". Batang daun pendek, berbentuk segi lima. Dengan penampang daunnya lonjong dan berambut di sisi luatnya. 

Ciri-Ciri Daun Dewa:
Panjang daun Dewa kurang lebih 15-20 cm, lebar 10 cm. Ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan. Daun dewa juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Manfaat:
- Menurunkan Kadar Gula Darah Terlambat Haid
- Penurun Panas
- Tumor
- Batuk dan Muntah Darah 
- Pembengkakan Payudara 
- Kejang pada Anak 
- Pendarahan Pada Wanita 
- Masuk Angin 
- Menghilangkan Bekuan Darah di Pembuluh Darah 
- Mencegah Stroke Dan Serangan Jantung 
- Pencegahan Liver, pengobatan Liver Ringan 
- Kanker 
- Rheumatik 
- Ginjal
- Kutil
- *Menyembuhkan luka gigitan Binatang Berbisa


Pengolahan
Pengolahan obat yang berasal dari daun dewa, bisa dengan disajikan langsung maupun dalam bentuk ekstrak. Cara mengekstraknya, terlebih dahulu daun disterilkan dan dikeringkan. Setelah benar-benar kering, daun digiling hingga menjadi tepung atau simplisia. Kemudian tepung disaring agar halus rata, lalu siap dimasukkan dalam kapsul.

* Untuk mengobati luka gigitan binatang berbisa maupun serangga, caranya adalah dengan melumatkan umbi daun dewa kemudian menempelkannya ke bagian atau daerah yang terkena gigitan.


Mudah dibudidayakan
Budidaya Daun Dewa
Daun Dewa mempunyai banyak manfaat seperti diatas. Hal tersebut menjadikan tanaman ini menjadi potensial untuk dikembang-biakkan. 

daun dewa hanya dapat tumbuh dan berkembang biak pada daerah dengan ketinggian 1.200 m dari permukaan laut, dengan kata lain tergolong sebagai dataran rendah yang memiliki curah hujan cukup bahkan tergolong basah.
  • Lahan: 
Lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar, hanya dengan tanam selebar 2 meter sudah bisa digunakan. Jika menginginkan hasil yang maksimal tentu tidak hanya seluas 2 meter tersebut.
  • Pembibitan:
Bibit bisa dilakukan sendiri bisa didapatkan dengan melakukan steak batang juga tunas akar. Caranya dengan menyentak dengan panjang antara 15sampai dengan 20 cm dan biarkan pada media tumbuh di lahan pekarangan rumah atau sejenisnya maka dengan sendirinya daun dewa akan tumbuh.
  • Penanaman:
Setelah cukup umur paling tidak sekitar3 bulan maka umbi dari tanaman tersebut sudah bisa ditanam dalam lahan secara langsung. Biarkan hingga tubuh tinggi mencapai 15 cm nantinya bisa dipotong dan ditanam kembali.
  • Pemupukan:
Jenis pupuk yang digunakan bisa yang alami atau pupuk kadang namun juga bisa menggunakan pupuk pabrik jika ingin hasil yang cepat dan optimal. pada setiap media atau tanaman bisa diberikan sebesar 5 gram, caranya dengan memasukkan pada tanah 5 ataub7 hari sebelum bibit ditanam ke tanah.

Baca Juga:


Manfaat Bawang Putih
Manfaat Daun Salam
Manfaat Bayam Duri
Manfaat Kumis Kucing
Bawang Merah
Daun Dewa, Kaya Manfaat Daun Dewa, Kaya Manfaat Reviewed by Anonym_ou5 on 11:27 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.