Bayam Duri Bisa Obati Radang Pernafasan

Bayam Duri (dikenal juga dengan nama Hayum keri, 
senggang cucuk, taruyak lakek)

Bayam Duri

(Amaranthus spinosus)



Di beberapa daerah di Indonesia, bayam duri juga dikenal dengan nama Hayum keri, senggang cucuk, taruyak lakek. 

Secara umum, karakter tanaman bayam relatif tahan terhadap pencahayaan langsung karena merupakan tumbuhan C4. Batang berair dan kurang berkayu. 

Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, berwarna hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

Bayam duri adalah termasuk dalam jenis tanaman terna, berumur setahun, tinggi 0,4—1,5 m. Batang berduri. Daun tunggal, tersusun tersebar di sekeliling batang. Bentuk daun bulat telur memanjang, ujung dan pang-kalnya runcing. Daun berwarna hijau.

Kandungan di dalam Bayam Duri, terdapat Amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, C, dan K. Kandungan yang terdapat di tanaman ini membuat tanaman terna yang satu ini mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat:
  • Radang saluran pernapasan
  • Wasir
  • Demam
Pengolahan:
Ambil seperempat genggam daun dicuci bersih, kemudian digiling dengan ditambahkan 3 sendok makan air masak, dan sedikit garam. Selanjutnya, tinggal diperas dan disaring. Cairan yang sudah disaring tersebut diminum sehari 2 kali.

Bayam Duri Bisa Obati Radang Pernafasan Bayam Duri Bisa Obati Radang Pernafasan Reviewed by Anonym_ou5 on 13:06 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.