Hilangkan Nyeri Haid Dengan Serai

Serai bisa meredakan nyeri yang ditimbulkan saat haid




Hilangkan Nyeri Haid Dengan Serai

Serai atau yang dikenal dalam bahasa jawa "sereh" adalah sejenis rumput-rumputan banyak dikenal sebagai pengharum makanan. Nama latin tumbuhan kelompok rumput-rumputan ini adalah Andropogon Nardus. Dari berbagai penelitian yang dilakukan terhadap tumbuhan ini, serai ternyata memiliki kandungan minyak astiri. 

Minyak Astiri ini adalah minyak nabati dengan cairan yang kental, mudah menguap dan mengeluarkan aroma yang khas. Karena aromanya yang khas tersebut, minyak astiri banyak digunakan sebagai bibit minyak wangi setelah proses penyulingan terlebih dahulu. 

Selain digunakan sebagai pengharum masakan, dan bahan campuran untuk minyak wangi, Serai juga banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat membuat sendiri serai sebagai obat tradisional seperti sebagai obat batuk, obat sakit gigi, obat maag atau obat keseleo. 

Serai memliki kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lain dari serai adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, obat kumur dan penghangat badan.

Serai memiliki kandungan minyak asiri


Manfaat:

- Terkilir atau kesleo
2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air ditumbuk . Panaskan diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang terkilir.

- Obat anti Nyamuk
Letakkan daun serai beserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah aromaterapi. Api yang menyala akan membuat wangi daun serai menyebar. Wangi ini tidak disukai nyamuk, sehingga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

- Penghangat Tubuh, redakan nyeri Haid
Anda dapat mengoleskan minyak serai pada tubuh untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal otot atau sakit kepala. Minyak serai yang diborehkan akan memberikan rasa hangat pada tubuh serta kandungan analgesik yang berguna mengurangi rasa nyeri. Minyak serai dapat dibeli pada apotik atau toko obat.

- Obat Batuk
Ambil akar serai sebanyak 5 gram. Cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Bagi 2 hasil rebusan untuk diminum pada pagi dan sore hari.

- Maag
40 gram serai segar rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa ½ gelas. Minum 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

- Sakit gigi
40 gram daun serai segar direbus dalam 2 gelas air sampai air tinggal ½ gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.

- Herbal Serai untuk mencegah penyakit kanker
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan untuk mencegah penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

- Herbal Serai untuk detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

- Herbal Serai Untuk Menurunkan tekanan darah
Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

- Serai Bisa Mengobati infeksi kulit
Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.
Hilangkan Nyeri Haid Dengan Serai Hilangkan Nyeri Haid Dengan Serai Reviewed by Anonym_ou5 on 19:04 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.