Manggis Miliki Kandungan Xanthon Hingga 40 Persen



Kandungan Xanthon dalam buang Manggis Tinggi



Suka dengan buah Manggis? ya... buah Manggis memang memiliki rasa yang enak dan punya banyak kandungan gizi didalamnya. Manggis (Garcinia mangostana L) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter.  

Buahnya berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Buah ini adalah salah satu buah tropis yang memiliki kulit yang tebal berwarna kemerahan dan agak keras.Menurut hasil dari penelitian,kulit manggis yang keras ini ternyata banyak mengandung khasiat yang luarbiasa untuk pengobatan terutama melawan kanker.

Dari hasil penelitian Badan Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, jus kulit manggis ternyata mampu membunuh sel-sel kanker dan tumor karena mampu bekerja sebagai antioksidan dan antiproliferatif.Bahkan kemampuan antioksidan dari kulit manggis melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif.

Manggis mempunyai kandungan Kandungan xanthon, dan jenis xanthone yang terdapat didalam kulit manggis ternyata 40% lebih banyak dari xanthone yang bisa diketemukan dari sumber lain dialam. Kulit buah buah manggis ini mengandung senyawa xanthon yang meliputi mangosting, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolizanthone, tovophylin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid, epicatechin, dan gartanin. Kadar xanthon di dalam kulit buah manggis mencapai 123,97 mg per ml. Xanthon berhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, diantaranya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker pencernaan, dan leukemia.

Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi sehinga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga dapat menyembuhkan penyakit tuberculosis (TBC), asma, dan sebagai antiinfalamsi serta anti diare. Tak hanya itu, kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk atasi penyakit jantung koroner dan HIV. Dan masih banyak lagi khasiat kulit buah manggis lainnya.


Ekstrak kulit Manggis berguna untuk pengobatan penyakit


Manfaat:
Antioksidan
Antikanker payudara
Paru-paru 
Prostat 
Kanker hati 
Kanker pencernaan
Leukemia
Jantung koroner 

Pengolahan
Jika Anda ingin mengolahnya sendiri untuk mengatasi asam urat,rematik dan kanker,Kulit buah manggis cukup diiris kecil-kecil, kemudian dijemur sampai kering. Celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam 2 gelas air panas. Setelah hangat dan warna air menjadi ungu, ramuan dapat diminum.


Baca Juga:
Manggis Miliki Kandungan Xanthon Hingga 40 Persen Manggis Miliki Kandungan Xanthon Hingga 40 Persen Reviewed by Anonym_ou5 on 21:09 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.