Pertimbangan Dalam Menitipkan Anak

Saat memutuskan untuk menitipkan anak, harus mempertimbangkan banyak hal demi tumbuh kembang anak

Pertimbangan Dalam Menitipkan Anak

Mengasuh anak dengan baik, tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, ditambah dengan aktifitas kedua orang tua yang padat dan sama-sama bekerja. Opsi yang paling banyak dipilih adalah dengan menitipkan anak kepada saudara, ataupun tempat penitipan anak di saat bekerja. 

Opsi tersebut tentu selayaknya dengan memperhatikan berbagai macam pertimbangan yang sudah dibicarakan bersama antara suami dan istri. Hal yang utama, adalah dengan memperhatikan kualitas pengasuhan yang akan diberikan kepada anak nantinya, sesuai dengan usia tumbuh kembang anak.

Ada periode tahun-tahun pertama dalam kehidupan anak yang berharga dan penting. Fungsi periode pertama bagi anak tersebut adalah untuk pembentukan karakter dan juga kesehatan anak. Sehingga penting bagi orang tua untuk memahami sifat, kegemaran, prilaku dan kondisi kesehatan anak. Hal khusus tersebut yang nantinya akan disampaikan secara terbuka kepada pramusiwi maupun tempat penitipan anak. Harapannya, dengan mengetahui hal terebut, akan lebih mengenal karakter anak kita saat mereka mengasuhnya. 

Beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memillih pramusiwi atau pengasuh anak, maupun tempat penitipan anak adalah, Pengalaman, background keagamaan apakah terafiliasi ke agama tertentu, kedisiplinan dalam mengasuh, kleksibilitas, tingkat keamanan, dan tidak lupa adalah pengetahuan mereka tentang tumbuh kembang anak.

Pramusiwi atau pengasuh yang baik, tentu akan mengetahui pengetahuan tentang tumbuh dan kembang anak. Termasuk juga kegemaran saat mereka berada di dekat anak kecil. Terkadang, informasi negatif tentang perlakuan terhadap anak saat di tempat penitipan membuat kita ekstra hati-hati dalam memilih dan menentukan mana pengasuh yang baik.

Jika sudah memutuskan untuk menitipkan anak, maka tentu harus ada kerjasama yang baik antara orang tua dan pengasuh anak. Termasuk juga dalam memberikan kesempatan libur pada pengasuh anak. Berkomunikasi baik dengan pengasuh demi kenyamanan dan optimalisasi pengasuhan anak. 

Jika ibu menitipkan pada kerabat sebaiknya juga memberikan honor. Pemberian honor bisa dengan minimal sebesar  UMR daerah setempat. Pastikan seluruh kebutuhan anak telah ibu sediakan seperti baju ganti, popok, makan, minum, snack, mainan kegemaran anak, dan lainnya. Latih pengasuh memberikan obat atau pertolongan pertama pada anak. 

Selanjutnya, seringlah mengajak berbicara anak tentang keseharian di tempat penitipan anak. Misalkan bermain apa saja, mengajak anak untuk menceritakan pengalaman apa saja yang sudah di dapat anak saat berada di tempat penitipan. Termasuk juga berusaha untuk mengorek keluhan-keluhan anak saat berada di sana. Semua hal ini perlu dilakukan dan dijadikan pegangan demi tumbuh kembang anak kita. 
Pertimbangan Dalam Menitipkan Anak Pertimbangan Dalam Menitipkan Anak Reviewed by Anonym_ou5 on 12:43 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.